Indikator Kinerja yang tertuang dalam RPJMD Kota Pematangsiantar Tahun 2017-2022 akan dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika terdiri dari urusan wajib yang tidak terkait dengan pelayanan dasar.
Adapun indikator kinerja tersebut adalah sebagai wujud implementasi Misi ke-1 dan Misi ke-6 dalam RPJMD Kota Pematangsiantar Tahun 2017-2022.

Misi ke-1 tersebut adalah mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, dimana tujuan yang akan diwujudkan sebagai cermin dari misi ini adalah meningkatnya kualitas tata kelola pemerintahan yang baik. Berdasarkan tujuan yang akan diwujudkan tersebut, maka sasaran pembangunan pada Misi ke-1 RPJMD adalah :

  1. Terwujudnya pemerintahan yang responsif, transparan, dan akuntabel.
  2. Terciptanya kualitas pelayanan publik yang prima.
  3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Sasaran pembangunan diatas dan beberapa indikator yang harus ditindaklanjuti Dinas Komunikasi dan Informatika dilakukan melalui :

  1. Membangun jaringan infrastruktur online yang terintegrasi dilingkungan Pemerintah Daerah.
  2. Membangun ruangan server, jaringan, command center, data center, di lingkungan Pemerintah Daerah.

Misi ke-6 adalah Menata Sistem Pelayanan Publik yang Lebih Baik dan Profesional. Berdasarkan tujuan tersebut maka sasaran pembangunan pada Misi ke-6 RPJMD adalah :

  1. Meningkatnya kinerja PNS/THL di lingkungan Pemerintahan Kota Pematangsiantar untuk mewujudkan aparatur pemerintah yang profesional dan berkarakter.
  2. Menyediakan sarana prasarana perkantoran pemerintah yang baik.
  3. Terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang taat dan berazaskan hukum.

Sasaran Pembangunan diatas dan beberapa indikator yang harus ditindaklanjuti Dinas Komunikasi dan Informatika dilakukan melalui :

  1. Menciptakan aplikasi dan atau reaplikasi berbasis e-government setiap tahunnya minimal 3 aplikasi mulai tahun 2017 sampai dengan tahun 2022
  2. Menyediakan akses internet (Hotspot) diruang publik sampai dengan tahun 2022
  3. Mewujudkan Kota Pematangsiantar sebagai Kota Smart City (Kota Cerdas) pada Tahun 2022.