Website Resmi Diskominfo Pematangsiantar



Berita

Mesin Pengolah dan Daur Ulang Sampah di TPA Tanjung Pinggir

Admin Diskominfo 16 Mei 2024, 18:34:37 WIB
Mesin Pengolah dan Daur Ulang Sampah di TPA Tanjung Pinggir

dr Susanti Tinjau Mesin Pengolah dan Daur Ulang Sampah di TPA Tanjung Pinggir
Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA terus berkomitmen dalam mengolah dan mendaur ulang sampah melalui ekonomi sirkular untuk Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.
Dalam hal ini, mesin Huar (pemilah sampah) kapasitas 5 ton/jam, mesin Gibrik (pemilah sampah), mesin Hot Extruder (mesin pengolah plastik), mesin Crusher (mesin pencacah), mesin Cetak Paving Block, dan Conveyor telah berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjung Pinggir, Kecamatan Sianțar Martoba. Mesin ini bertujuan mengolah sampah di TPA dan memilah plastik, serta kompos. Selanjutnya plastik akan dicetak menjadi paving block, sehingga akan mengurangi timbunan sampah di TPA dan membuat sampah menjadi bernilai ekonomi.
Terkait hal itu, dr Susanti didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dedi Tunasto Setiawan turun langsung mengunjungi TPA Tanjung Pinggir dalam rangka pengelolaan sampah berbasis teknologi untuk menjadi barang bernilai ekonomis, Kamis (16/05/2024).
Tiba di lokasi TPA, dr Susanth disambut para pejuang Lihat Sampah Ambil (LISA) dan jajaran Dinas Lingkungan Hidup. Kemudian, dr Susanti berjalan menyusuri TPA sembari menyapa para petugas di TPA. Di lokasi, terlihat dua alat berat sedang beroperasi mengatur tumpukan sampah.
Usai meninjau sejumlah mesin tersebut, dr Susanti mengaku sangat berbahagia dengan hadirnya alat pengelola sampah yang canggih tersebut dan dapat bernilai ekonomis di Kota Pematangsiantar.
"Mari olah dan daur ulang sampah melalui ekonomi sirkular untuk Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," ajak dr Susanti.
dr Susanti mengaku sampah menjadi masalah di kota-kota besar, termasuk di Kota Pematangsiantar. Sehingga dengan adanya kehadiran alat tersebut, menjadi jawaban dalam menangani persoalan sampah.


Komentar

Tuliskan Komentar Anda!